Menghindari Kesetrum

38comments

Menghindari Kesetrum pasti dilakukan seseorang kalau ia pernah merasakan kesetrum, pernah ngerasain kesetrum? seperti apa rasanya? ya seperti itu lah, tapi pertanyaan selanjutnya bagaimana menghindari kesetrum?, ayo kita bahas di sini. Yang namanya strum merupakan bentuk energi, yaitu energi listrik. Energi sendiri di alam terdapat banyak sekali, ada energi kimia, cahaya, panas dan lain sebagainya.


Kenapa bisa kesetrum? kita bisa kesetrum karena ada perpindahan energi, energi tersebut bereaksi sehingga menghasilkan aliran. Energi listrik tidak akan berfungsi kalau tidak ada aliran di dalamnya, sama ketika kita tidak menyolokan TV ke stop kontak. Maka tidak akan ada aliran energi, sehingga energi tersebut tidak berfungsi atau masih di simpan. Logikanya seperti ini, ibaratkan ada subuah tower yang tinggi penuh dengan air di dalamnya. Air di dalam tower tersebut akan tertarik oleh grafitasi ke bawah, namun karena keran tidak di buka kita tidak bisa merasakan energi air tersebut yang merupakan energi kinetik (pergerakan air ke bawah). Sekarang misalnya kran kita buka, maka kita akan merasakan air yang mengucru dari atas tower, dan seolah menekan tubuh kita.

Analogi tersebut sama seperti listrik, kalau kran listrik tidak di buka maka tidak akan menghasilkan aliran  sehingga tidak menyebabkan kita kesetrum. Jadi supaya menghasilkan strum maka listrik tersebut harus di alirkan. Bagaimana aliran listrik (terutama AC, listrik di rumah), listrik mengalir dari sumber tenganngan ke ground. Di dalam kabel itu ada dua kabel, satu kabel yang merupakan suber listrik dan yang satu merupakan ground, sebagai tempat mengalirnya.

Bagaimana kita bisa kesetrum? kita kesetrum karena (tubuh) kita menjadi penghantar dari sumber listrik. Karena listrik membutuhkan ground untuk mengalir, maka ketika kita menyentuh sumber listrik tersebut maka tubuh kita akan mejadi ground dan aliran litrik yang melaluit tubh kita itulah yang menyebabkan kita kesetrum. Lalu bagaimana menghindari kesetrum?

1. Putuskan aliran listriknya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, maka untuk menghindari tersetrum kita harus memutuskan groundnya. Kalau kita tubuh kita menjadi groundnya, maka putuskan ground tersebut dengan mengunakan isolasi. Isolasi tersebut dapat berupa alas kali yang kita pakai, dengan mengunakan alas kaki maka aliran listrik yang menyentuh tubuh tidak akan di alirkan ke tanah karena terhambat oleh alas kaki, sehingga kesetrum dapat dihindari. Makanya dalam setiap pekerjaan yang berhubungan dengan lisrik, kita harus mengunakan pengamanan alaskaki.

2. Ubah polaritinya.

Pernah mengalami kesetrum ketika menyolokkan listrik atau ketika memegang komputer? hal tersebut karena yang kita pegang merupakan tegangannya. Maksudnya, dalam kabel listrik itu ada 2 kabel, satu kabel merupakan sumber teganngan dan satu lagi merupakan groundnya, kalau kita menyentuh sumber tegangan atau ada kebocoran tengangan tersebut, maka akan mengakibatkan kesetrum.



Kondisi awal stopkontak
Ubah polariti dengan memutar

Dengan mengubah polaritinya, maka kita akan mendapatkan ground pada aliran yang bocor. Cara ini bisa untuk menghindari strum dari komputer (pc) yang ketika kita pegang badanya (bodinya) terasa strum. Dengan di balik pada stop kontaknya bisa meniadakan strum tersebut, atau untuk alat atau barang yang mengalami kebocoran listrik sehingga dapat mengakibat kan strum ringan cara ini bisa di bunakan. Sedangkan untuk koputer pc tadi, sebaiknya gunakan kabel groun yang menyambung pc dengan tembok hal tersebut lebih baik. semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dalam mengetahui dan menghindari kesetrum.
Share this article :
 
Support :
Copyright © 2011. Id Survival - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Drieant
Proudly powered by Blogger