Jenis Tenda Untuk Berkemah

0 comments

Jenis-jenis tenda untuk berkemah perlu di ketahui ketika melakukan kegiatan alam bebas. Di alam, cuaca sangat menjadi penentu terhadap kesehatan kita sehingga tubuh ini pun perlu istirahat. Di alam, istirahat paling  aman dan nyaman ya di dalam tenda, oleh karenaya kita perlu tau pula bagaimana dan apa saja jenis-jenis tenda yang bisa kita gunakan di alam bebas.
Jenis Tenda Untuk Berkemah
Jenis tenda tersebut adalah :

1. Bivak

Bivak adalah sistem membuat tenda yang amat sederhana, bahanya hanya dari ponco atau jas hujan (jas hujan yang lebar, yang biasa di gunakan untuk motor bebek). Proses pembuatannya sangat sederhana, namun sebelumnya kita pula perlu mempersiapakan patok (paling tidak 4 patok). Lalu kita bentangkan jas hujan menjadi bentuk bentuk seperti di bawah ini,

Jenis Tenda Untuk Berkemah

Bivak juga bisa di buat dari bahan bahan yang tersedia di alam, seperti misalnya daun pisang. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat seperti ini :
Jenis Tenda Untuk Berkemah

2. Tenda Dome

Sesuai namanya, bentuknya seperti dome (bulatan gitu). Tenda ini merupakan jenis tenda yang paling banyak diminati oleh para pengguna. Alasan utamanya adalah ukuran yang tidak terlalu besar dan mudah di bawa, ringkas dan ringan. Bahan yang di gunakan terbuat dari Parachut Nylon dan Fiber Frame sebagai tiang penyangganya, tenda ini biasanya dilengkapi Cover Tent atau lapisan luar dari bahan yang sama dan tentunya water proof.

Jenis Tenda Untuk Berkemah

Cara pemasangannya pun sangat sederhana, cukup manyambungkan frame tersebut menjadi satu (seperti tiang, namun bisa di bengkokkan). setelah itu, masukan frame tadi ke dalam slot yang sudah ada pada tenda, lalu setelah dua frame di pasang masuk, maka pada keempat sisinya harus di tempatkan pada sisi keempat dari alas. Saya kira kalau anda melihatnya, kemudian mempraktekannya akan sangat mudah ko.

Tenda doom ini ada berbagai macam jenis, Dome Kapuas, Dome Barito dan Dome Citarik. Yang membedakan hanya pada shalter tambahan pada atapnya.

3. Tenda Pramuka

Kalau untuk ukuran masal, tenda ini paling banyak di minati. Karena orang yang tertampun akan sangat banyak di dalamnya, disamping itu cukup luas. Namun dari kelemahanya adalah proses pebutanya yang tidak mudah dan memerlukan lebih dari satu orang, berbeda dengan tenda dom yang dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Namun sisi positif lainya, tenda ini terbilang cukup kuat.

Jenis Tenda Untuk Berkemah

Tenda pramuka ini, kalau di buat ukuran besar di sebut pula tenda pleton (bisa muat banyak orang sekaligus, satu pleton bahkan, makanya di sebut tenda pleton).

4. Flysheet

Tidak usah di jelaskan namanya ya, tinggal lihat saja bentuknya di gambar. Jenis tenda ini adalah tenda pendukung, biasanya digunakan sebagai ruang rapat atau berkumpul, tempat makan, namun jarang yang memang untuk tidur. Tenda jenis ni pun bisa sebagai tenda backup untuk tenda doom (top cover tenda dome) agar lebih kokoh.

Jenis Tenda Untuk Berkemah

Itulah beberapa jenis tenda yang umumnya di gunakan, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kegiatan anda di alam bebas. Semoga membantu anda dalam memahami dan memilih jenis tenda untuk berkemah.
Share this article :
 
Support :
Copyright © 2011. Id Survival - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Drieant
Proudly powered by Blogger