Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

0 comments

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas. Ketika mengunakan tali, kita pun harus dapat membuat simpul yang nantinya akan berguna ketika di alam bebas. Simpul sendiri diartikan sebagai sebuah ikatan yang kuat namun mudah di uraikan kembali. Pelajaran tentang simpul biasanya sejak SD di ajarkan di pramuka, namun biasanya pun lupa karena tidak pernah atau jarang di praktekkan. Sebenarnya pun tidak perlu di prakterkan semua karena belum tentu pula di gunakan, namun ada bebarapa basic yang harus di ketahui dan perlu di pelajari.

Beberapa simpul yang saya akan tunjukan relatif mudah, anda tinggal perhatikan gambarnya dan mengira-ngira alur masuk talinya. Akan lebih baik lagi kalau anda bisa mempraktekannya secara sederhana dengan tali seadanya di rumah. Adapun tehnik tali temali di alam bebas yang perlu kita ketahui adalah :

1. Simpul tali delapan

Simpul tali delapan ini karena bentuk simpulnya mirip angka delapan, prinsip pembuatannya pun ketika saya di ajarkan adalah dengan membentuk angka delapan. Ikuti alur angka delapan, dan anda akan mendapatkan simpul tali delapan. Kegunaanya untuk mengaitkan tali ke satu cantolah (istilah orang jawa, batang terbuka mungkin tepatnya). Jadi ini untuk mengaitkan bukan mengikatkan, kalau mengikatkan itu seperti batang pohon dimana kita tidak bisa memasukan tali dari atas (batang nya tinggi). Kalau mengaitkan itu seperti di pager, atau patok, jadi tali itu kita bisa masukan dari atas. Paham ya maksudnya.

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

Cara membuatnya, ikuti gambar di atas, ikuti angka delapan ketika membuatnya.

2. Simpul tali Bowline/ tiang

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

Simpul ini memiliki kesaman fungsi seperti simpul delapan, namun pula bisa untuk mengikat. Contohnya kita mau mengikat tali pada batang pohon besar, bisa kita gunakan simpul ini. Cara membuatnya pun cukup mudah, tinggal mengikuti alur dari gambar di atas. Namun perhatikan cara membuat nya dengan benar dan perhatikan kekencanganya, cek dahlu sebelum mengunakan, kalau sudah benar benar  kencang baru anda bisa pakai.

3. Simpul tali mati

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

Simpul mati berguna untuk menyambung dua tali yang sama besar. Selain itu simpul mati berguna untuk mengakhiri sebuah ikatan supaya ikatan tidak kembali kendur.

4. Simpul tali anyam

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

Simpul ini digunakan untuk menyambung dua tali/ tambang untuk menghasilkan tali gabungan yang lebih panjang. Simpul ini berguna untuk menyambungkan tali yang ukuran nya berlainan, tidak sama, misalnya besar dan kecil.

5. Simpul tali pangkal

Tehnik Tali Temali di Alam Bebas
Tehnik Tali Temali di Alam Bebas

Simpul tali ini sebenarnya di gunakan untuk membuat anchor /penambat, mengikat tandu. Namun simpul ini bisa pula untuk mengikat pada pohon, karena simpul ini punya keuntungan bila semakin di tarik talinya, maka simpulnya pun akan semakin kencang, jadi semakin kuat ikatannya.

Cara membuatnya, kita buat dua ikatan melingkar seperti gambar paling atas. Setelah itu, kita tindihkan ikatan yang nomer dua ke nomer pertama, jadinya urutan dari atas adalah ikantan kedua baru yang pertama.

Itulah beberapa simpul tali temali yang sangat berguna di alam bebas, memang masih sangat banyak tapi kita tidak perlu untuk mempelajari semua yang ada. Selamat mempelajari tehnik tali temali di alam bebas
Share this article :
 
Support :
Copyright © 2011. Id Survival - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Drieant
Proudly powered by Blogger