Jenis Kompor Untuk Survival

0 comments

Jenis Kompor Untuk Survival. Kompor adalah hal yang penting apalagi dalam keadaan survival, itu adalah kebutuhan yang wajib kita bawa sebelum kita melakukan kegiatan alam bebas. Walaupun kita bisa membuat kompor dari alam dengan perlengkapan sederhana sekalipun, yaitu lewat menyalakan api dengan kaleng softdrik. Namun akan lebih mudah bila kite memperisapkan kompor terlebih dalu daripada menunggu kondisi terparah dialam bebas, sebab kita tidak tau apa yang akan terjadi di sana akan lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Jenis Kompor Untuk Survival

Kompor adalah urusan yang esensial karena dari kompor kita bisa memberikan tubuh kita asupan energi, atau paling tidak sekedar untuk menghangatkan badan baik dari panasnya kompor atau dari minuman yang kita buat darinya. Beberapa jenis kompor yang biasa ada ketika di alam bebas, dibedakan secara umum dengan dua jensi. Kompor berbahan bakar padat, cair dan gas.

Beberapa Kompor Untuk Alam Bebas

1. Kompor Berbahan Bakar Padat

Jenis Kompor Untuk Survival
Kompor yang masuk dalam jenis bahan bakar padat adalah kompor parafin. Kompor ini menggunakan bahan bakar yang boleh di bilang kualitasnya baik, mudah dan praktis lagi serta tidak berbahaya. Sebuah parafin tidaklah telalu beresiko daripada bahan bakar cair atau gas yang suatu saat bisa tumpah atau meledak . Parafin ini, kita bisa patahkan dan ia pun tahan air, artinya kalau ia kena air sekalipun ia nantinya akan tetap bisa nyala ketika di bakar.

2. Kompor Berbahan Bakar Cair

Jenis Kompor Untuk Survival

Kompor yang masuk jenis ini adalah kompor spirtus, minyak tanah atau alkohol. Namun jarang biasanya digunakan minyak tanah, lebih umum adalah mengunakan spirtus. Kompor ini bisa di buat dengan sederhana walaupun ada beberapa jenis yang di jugal bebas di pasaran. Anda bisa membuatnya dengan memotong dua buah ujung kaleng softdrink yang kemudian di satukan dan di beri lubang pada pinggir serta tengahnya. Mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, saya berikan videonya di bawah ini :


3. Kompor Bahan Bakar Gas

Jenis Kompor Untuk Survival
Ini adalah jenis kompor yang paling mudah penggunaannya namun sedikit ribet membawanya. Dibanding dengan parafin yang lebih sulit menyala dan spirtus yang membutuhkan seting tempat yang datar, serta penuangan spirtus ke kompor dengan tepat. Kompor gas ini mudah sekali di operasikan, tinggal menyusun antara gas dan kompornya dan kemudian di nyalakan. 

Disamping itu kompor jenis ini ketika memasak akan lebih cepat matang, karena bahan bakarnya stabil dan bisa di atur besar kecilnya. Makanya, orang lebih banyak yang menggunakan jenis gas ini ketika di alam bebas.  Namun kekurangannya seperti di sebutkan sebelumnya, untuk kegiatan alam bebas dalam waktu lama sepertinya kurang tepat kalau mengunakan kompor gas ini karena anda harus membawa banyak tabung gas. 

4. Jenis Kompor Lainnya

Sebenarnya masih banyak lain jenis kompor yang di gunakan untuk survival. Seperti kompor ebit, dual fuel, butan, white gas dan lain sebagainya termasuk kompor dari bahan bakar kayu sekalipun. Namun penggunaan komor yang paling umum adalah tiga hal yang saya sebutkan diatas tadi. Kalau anda ingin membuat kreasi kompor sendiri, atau anda ingin mencari beberapa jenis kompor yang lain, anda bisa melihat gambar di bawah ini:
Jenis Kompor Untuk Survival
Kompor Hobo

Jenis Kompor Untuk Survival
Kompor Altoids

Jenis Kompor Untuk Survival
Kompor Altoids Lainnya
Semoga anda menjadi lebih paham tentang beberapa jenis kompor untuk survival.
Share this article :
 
Support :
Copyright © 2011. Id Survival - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Drieant
Proudly powered by Blogger